Jangan mengeluh ketika hujan. Karena hujan adalah berkah, hujan pembawa bahagia. Apa saja manfaat hujan bagi kehidupan manusia di bumi dan bagaimana proses terjadinya hujan?

Hujan merupakan satu dari peristiwa alam yang kerap kali kita rasakan dalam sehari-hari dibumi ini. Tuhan menciptakan pristiwa alam seperti hujan ini bukan tanpa alasan, karena dibalik pristiwa ini pasti aka nada manfaatnya bagi kita. Selain bermanfaat bagi manusia, hewan-hewan serta tumbuhan dan lainnya juga akan merasakan akan manfaatnya. Seperti yang telah saya rangkum dibawah ini beberapa manfaat hujan bagi kehdupan kita didunia.

Menyuburkan Tanaman

Manfaat hujan yang pertama yaitu bermanfaat untuk menyuburkan tumbuhan atau tanaman. Dalam hal ini memang pasti karena tumbuh-tumbuhan atau tanaman tidak akan hidup jika tidak ada sumber air. Seperti halnya manusia, air ini sebagai air minumnya tumbuhan. Sumber air yang cukup diterima oleh tumbuhan akan menyebabkan keseburan bagi tanaman atau tumbuhan. Oleh karenanya sering kali melihat saat musim hujan tiba, tanaman atau tumbuhan lebih subur dengan kehijauannya jika dibandingkan dengan musim kemarau.

Persediaan Air Minum

Manfaat hujan yang kedua yaitu sebagai salah satu penyedia air minum. Dalam hal ini bukan berarti air hujan dapat dikonsumsi secara langsung, melainkan air hujan yang meresap ketanah tentunya sumur yang kita miliki akan penuh dengan sendirinya, sehingga persediaan air untuk keperluan sehari-hari dapat terpenuhi dengan massa waktu yang cukup panjang.

Sebagai Sumber Perekonomian

Manfaat hujan yang lainnya yaitu bisa manfaatkan bagi kita yang hidup dikota sebagai sumber mata pencaharian uang. Terlebih bagi kita yang hidup perkotaan, banyak sekali orang-orang yang berperan sebagai jasa untuk memayungi orang-orang tertentu saat keluar dari perkantoran, mall-mall dan lain sebagainya. Adapun mereka yang membuat jas hujan, terlebih saat musim hujan tiba, omset yang didapatkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan musim kemarau bagi mereka yang memproduksi jas hujan. Propesi-propesi lainnya seperti jualan bakso atau makanan yang hangat-hangat lainnya, saat musim hujan ini dagangannya lebih laris jika dibandingkan dengan musim kemarau.

Sumber Tenaga Listrik

Manfaat hujan juga bisa dijadikan sebagai sumber tenaga listrik. Dengan kekuatan hujan dapat menyebabkan energi listrik yang baik. Terkadang juga hujan sering kali menimbulkan petir, petir ini merupakan aliran listrik alami karena peristiwa alam. Petir ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik, dimana ada sebuah alat yang mampu menangkap petir sehingga dapat disimpan sebagai sumber listrik.

Menghemat Air Tanah

Manfaat hujan yang lainnya yaitu bermanfaat untuk penghematan dalam penggunaan air tanah atau sumur. Pastinya kita tahu banyak sekali manfaat air hujan. Salah satu manfaatnya yaitu dalam penggunaan air sumbur lebih hemat. Saaat mencuci mobil atau motor kita bisa memanfaatkan air hujan untuk mencuci kendaraan tersebut. Manfaat hujan ini memang bermanfaat dalam berbagai bidang, maka kita akan mengehemat air sumur untuk menyiram tanaman dihalaman rumah. Dan masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dari air hujan sebagai kebutuhan harian kita.

Bermanfaat untuk Memperbaiki Kualitas Udara

Manfaat hujan yang sangat penting lainnya yaitu bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara disekitar lingkungan hidup kita. udara disekitar kita seperti perkotaan sudah banyak sekali tercemar polusi. Berbagai macam polusi yang dapat merusak lingkungan hidup yaitu asap kendaran mobil atau motor, asab pabrik, dan lain sebagainya yang menimbulkan efek tidak baik kesehatan. dengan turunnya hujan maka keadaan disekitar akan ternetralisir dan polusi udara akan berkurang.

Dengan banyaknya manfaat diatas, masih mau mengeluh ketika hujan? Nggak usah mengeluh, pakai Plevia aja. Hujan harus PLEVIA!:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *